Cedera Kaki Kiri, Eko Yuli Irawan Butuh Recovery demi Raih Medali di Olimpiade Paris 2024

2 minggu yang lalu 11

https: img.okezone.com content 2024 04 03 43 2991958 cedera-kaki-kiri-eko-yuli-irawan-butuh-recovery-demi-raih-medali-di-olimpiade-paris-2024-BxeOO1hreh.jpeg Eko Yuli Irawan mesti berjuang memulihan cedera kaki kirinya jelang Olimpiade Paris 2024 (Foto: NOC Indonesia)

JAKARTA - Eko Yuli Irawan mengalami cedera kaki kiri setelah menyegel tiket ke Olimpiade Paris 2024. Alhasil, dia memerlukan waktu untuk memulihkan diri lebih dulu agar bisa meraih lencana di pesta olahraga terakbar di bumi tersebut.

Eko memastikan diri lolos ke Olimpiade 2024 setelah meraih lencana perak untuk angkatan Snatch 133 kg pada Piala Dunia Angkat Besi alias IWF World Cup 2024. Ajang tersebut berjalan di Phuket, Thailand, Selasa 2 April 2024.

 Reuters/Ann Wang)

Sayangnya, prestasi itu kudu dibayar mahal. Eko mengalami cedera kaki kiri nan belum pulih dan butuh perhatian dari PB PABSI ketua Rosan P Roeslani dan Kemenpora RI serta Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia).

“Saya sengaja hanya melakukan angkatan pertama Snatch 133 kg dan tidak melanjutkannya untuk angkatan kedua dan ketiga. Begitu juga saat kandas melakukan angkatan pertama 166 kg untuk angkatan Clean and Jerk. Apalagi, saya sudah memastikan tiket kelas 61 kg di Olimpiade 2024 Paris,” kata Eko dilansir dari rilis KOI, Kamis (4/4/2024).

“Saya merasakan angkatan kurang sempurna akibat pengaruh cedera kaki kiri nan belum pulih benar. Dan, terlalu berisiko bagi saya untuk memberikan penampilan terbaik,” tambah laki-laki kelahiran Lampung itu.

Lebih lanjut, Eko menilai cedera kaki kirinya nan terjadi pada saat tampil di SEA Games 2023 Kamboja itu sudah ditangani. Namun, padatnya event untuk meraih tiket ke Olimpiade 2024 Paris membikin cederanya tersebut lambat pulih.

“Cedera kaki kiri memang sudah ditangani tetapi lantaran padatnya event membuatnya tetap terasa. Makanya, saya butuh recovery setelah lenyap tampil di Piala Dunia Angkat Besi 2024 sehingga bisa menyumbangkan lencana bagi Kontingen Indonesia saat tampil di Paris nanti,” jelas lifter berumur 34 tahun itu.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan buletin up to date dengan semua buletin terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Selengkapnya