Gantikan Manusia, Korsel Mulai Gunakan AI Sebagai Pembawa Berita

3 minggu yang lalu 424

Pembawa buletin virtual J-na.

Pembawa buletin virtual J-na.

SEOUL – Perkembangan pembawa berita virtual nan sangat sigap telah mendorong organisasi-organisasi pemerintah untuk menggunakannya, menggantikan pekerjaan manusia. Penggunaan pembawa buletin virtual ini rupanya menghabiskan biaya nan lebih murah dibandingkan menggunakan tenaga kerja manusia.  

Baru-baru ini, pemerintah Provinsi Pulau Jeju, di Korea Selatan menyewa seorang pembawa buletin untuk menyelenggarakan program YouTube mingguannya, Weekly Jeju, dengan biaya nan lebih murah dari mantan karyawannya.  

J-na, nama pembawa buletin baru itu tampaknya sangat berilmu dalam pekerjaannya, meski dia bukan manusia sungguhan. J-na adalah avatar virtual nan dihasilkan komputer nan dikelola oleh kontraktor swasta.  

Berita nan dia baca di layar juga merupakan skrip nan dihasilkan oleh model bahasa AI seperti ChatGPT. Menurut provinsi pulau Jeju, beranjak ke pembawa buletin virtual adalah pilihan nan jauh lebih murah, lantaran J-na dan skrip pembuatan buletin dilaporkan hanya berbobot 600.000 won (Rp7 juta) per bulan. 

“Mempekerjakan presenter buletin manusia memerlukan biaya nan besar, jadi kami mencari pengganti dan memilih J-na,” kata seorang pejabat Pulau Jeju kepada The Korea Herald.  

Meskipun J-na saat ini bekerja menyampaikan buletin di saluran YouTube, rendahnya biaya pembawa buletin virtual dan peningkatan kualitas pasti membikin jasa semacam ini juga menarik bagi program buletin kabel. 

Kita pernah memandang pembawa buletin virtual digunakan di negara-negara seperti China dan Korea Selatan di masa lalu, namun sebagian besar digunakan untuk memamerkan teknologi. J-na adalah salah satu dari sedikit contoh di mana harganya nyaris lebih menarik daripada peralatan baru. 

(dka)

Dapatkan buletin up to date dengan semua buletin terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Selengkapnya