Kementerian Kominfo: Situs Elaelo Pengganti X Bukan Buatan Pemerintah

3 minggu yang lalu 116

Beberapa hari terakhir media sosial diramaikan informasi mengenai munculnya situs bernama Elaelo dengan alamat URL elaelo.id. Situs itu diduga merupakan platform pengganti X yang dibuat oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Namun, Usman Kasong Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Kominfo membantah hal tersebut.

"Situs Elaelo bukan buatan pemerintah atau Kominfo," kata Usman, Rabu (19/6/2024).

Samuel Abrijani Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kementerian Kominfo juga memberikan tanggapan yang sama.

Samuel abrijani yang juga biasa dipanggil Semmy membagikan tautan resmi Kominfo (kominfo.go.id) yang berisi bantahan mengenai situs Elaelo yang disebut buatan Kominfo.

"Beredar sebuah unggahan foto di platform X yang mengklaim situs Elaelo yang disebut sebagai pengganti X di Indonesia merupakan buatan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Faktanya, klaim dalam unggahan tersebut tidak benar" begitu pernyataan dari situs resmi Kominfo.

Elaelo disebut sebagai pengganti X Berdasarkan penelusuran media center indonesia di perpustakaan digital non-profit Internet Archieve, alamat URL elaelo.id terindeks sejak 5 Maret 2024. Namun, baru ramai di media sosial pada tanggal 16 Juni.

Banyak netizen yang membagikan tangkapan layar halaman Elaelo yang menyerupai tampilan login X. Hanya saja, sisi kiri gambar dipenuhi foto sosok bertopeng anonymous dengan background hitam.

Sementara pada sisi kanan bagian login, terdapat logo Garuda Pancasila pada bagian atas yang disertai tulisan "Welcome to elaelo-Medsos Lokal Pengganti X".

Setelah ramai diperbincangkan, situs tersebut sempat tidak bisa diakses. Namun, URL elaelo.id saat ini bisa diakses kembali.


Tampilan Elaelo kini berubah. Tidak ada lagi kolom login sebagaimana sebelumnya, hanya logo Garuda Pancasila di tengah layar dengan jam digital untuk hitung mundur. Pada bagian footer terdapat tulisan "Ela Elo is coming, big features will be ready -Iron Dome #Hmei" (Ela Elo segera hadir, fitur-fitur unggulan akan siap).

Pada bagian footer, terdapat keterangan under construction by Kominfo saat ini telah diperbarui  menjadi "under construction by Democracy Fighters" (sedang dalam pengembangan oleh Democracy Fighters).

Keterangan sebelumnya mencatut Kominfo yang menguatkan spekulasi bahwa situs elaelo.id dibuat oleh pemerintah. Selain itu, saat membuka laman ini, terdapat lagu wajib nasional "Garuda Pancasila" yang menjadi backsound pada website tersebut.