Mudik Menggunakan Sepeda Motor? Ini 5 Risiko Kesehatan yang Mengintai

2 minggu yang lalu 6
$detail['images_title'] 5 akibat kesehatan nan mengintai jika mudik menggunakan sepeda motor. (Foto: Freepik.com)

HARI raya Idul Fitri namalain lebaran merupakan momen spesial bagi umat muslim. Tak heran banyak orang nan rela melakukan perjalanan jauh demi bisa mudik ke kampung halaman. Bahkan, masyarakat sering menggunakan sepeda motor lantaran dianggap sebagai transportasi nan terbilang praktis dan anti macet.

Namun, perlu diingat, menggunakan sepeda motor untuk perjalanan mudik tetap saja mempunyai sejumlah akibat kesehatan nan lebih banyak dibandingkan transportasi lain. Merangkum dari laman Kementerian Kesehatan RI, Kamis (4/4/2024), berikut ulasannya.

1. Sakit pinggang

Pertama, mudik menggunakan sepeda motor bisa mengakibatkan sakit pinggang. Pasalnya, duduk berjam-jam bisa menyebabkan rasa sakit di bagian punggung, perihal ini biasanya disebabkan oleh masalah kekuatan otot.

2. Mengganggu sistem metabolisme tubuh

Risiko kesehatan selanjutnya nan dapat mengintai lantaran mudik menggunakan sepeda motor adalah dapat mengganggu metabolisme. Beberapa penelitian terbaru menunjukkan bahwa duduk selama berjam-jam dapat menganggu sistem metabolisme tubuh.

Mudik menggunakan motor

Alhasil, tubuh mengalami penurunan kadar kolesterol baik, sehingga menimbulkan beragam masalah kesehatan, maupun peningkatan kadar gula darah.

3. Nyeri otot

Selanjutnya, bermotor dalam waktu nan lama juga dapat menyebabkan nyeri leher alias nyeri otot. Keluhan ini bisa disebabkan oleh peradangan pada sendi tulang belakang.

4. Menurunkan konsentrasi

Keempat, menggunakan sepeda motor untuk perjalanan mudik bisa menurunkan konsentrasi, sehingga berisiko terhadap terjadinya kecelakaan lampau lintas.

5. Kelelahan

Terakhir, menggunakan sepeda motor dalam waktu nan lama juga dapat mengakibatkan kelelahan, sehingga sering mengalami gangguan kesehatan dan kecelakaan di jalan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan buletin up to date dengan semua buletin terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Selengkapnya