Sengketa Pilpres 2024, Refly Harun Ungkap Alasan Ahli Tolak Jadi Saksi

2 minggu yang lalu 10

JAKARTA - Tim norma nasional calon presiden dan wakil presiden urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Refly Harun mengatakan pihaknya mendapatkan penolakan dari mahir untuk menjadi saksi di gugatan perselisihan hasil pemilihan umum presiden (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK).

Refly mengatakan, mulanya pihaknya telah menghubungi 6 mahir untuk menjadi saksi di MK. Akan tetapi, kata dia, menjelang hari terakhir sejumlah saksi itu mengundurkan diri.

“Jadi kita ada menghubungi 6 ahli, 2 dari awal memang tidak bersedia, tapi 4 ini bersedia. Tapi menjelang hari terakhir akhirnya mengundurkan diri,” kata Refly dalam perbincangan ‘Rakyat Bersuara’ berbareng Aiman Witjaksono di iNews TV, Selasa (2/4/2024) malam.

Refly menjelaskan, saksi nan mengundurkan diri itu menggunakan beragam argumen di antaranya aspek keluarga, perusahaan dan organisasi. Padahal menurut dia, saksi-saksi tersebut awalnya menggebu-gebu mengenai kecurangan Pemilu.

“Ada juga nan tidak jelas alasannya, pokoknya tidak bisa saja. Padahal, semua orang nan kita hubungi ini, orang nan menggebu-gebu sekali soal kecurangan pemilu,” ujar dia.

Sampai kemudian, lanjut dia, sejumlah saksi tersebut langsung dihubungi oleh Anies Baswedan. Sebab, keterangan dari salah satu saksi itu sangat dibutuhkan.

Meskipun telah dihubungi oleh Anies, saksi tersebut tetap menolak untuk menjadi saksi.

“Sampai kemudian, di antara 4 (saksi) itu, 2 orang itu langsung ditelfon sama capres kita (Anies Baswedan). Saya meminta satu ini, lantaran saya memerlukan keterangannya,” tutur dia.

“Jadi dia alasannya selalu personal, selalu jantungan jika anaknya membikin statement-statement nan keras gitu, kita kan hanya butuh keahliannya, hanya butuh dia menyampaikan keahliannya enggak perlu ngotot-ngotot. Karena dia merasa personally dia degdegan,” sambung dia.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan buletin up to date dengan semua buletin terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Selengkapnya